Hafiz Al Qur’an Termuda Sedunia: Tabarak, Yazid, dan Zaeena

Tabarak (11 tahun), Yazid (7 tahun), dan Zaeena (5 tahun)

17 Maret 2013 menyaksikan sima’an Al Qur’an 3 Hafizh cilik bersaudara dari Mesir di Gedung Yayasan Majelis Al Washiyyah, Kebon Nanas, Tabarak (11 tahun), Yazid (7 tahun), dan Zaeena (5 tahun). Mereka semua hafal 30 juz Al Qur’an saat usia di bawah 5 tahun. Mereka adalah anak-anak dari Dr. Kamil Al Boudy dan istri.
Ke3nya “dicecar” para ulama hafalannya. Ada yang meminta disebutkan 3 ayat Al Qur’an tentang Khamr, yang lain meminta disebutkan ayat2 tentang Riba, dsb. Semua dijawab dengan benar. Di antara pengujinya adalah Habib Hud bin Bagir Al Athas, KH Dr Mohamad Hidayat MBA, dan Al Hafiz Habib Ahmad Al Munawar.

Ada juga dijelaskan cara mendidik anak sehingga bisa hafal Al Qur’an. Saya beli juga CDnya (2 CD) untuk mengetahui lebih lanjut…

Untuk menghafal Al Qur’an bisa dari penglihatan, pendengaran, pikiran, dan juga hati. Meski belum bisa membaca, jika kita sering memperdengarkan murotal/pembacaan Al Qur’an seperti dari Syeikh Mishary (tidak terlalu lambat) atau yang lebih cepat seperti Syeikh Sudaisy, niscaya anak kita bisa menghafal Al Qur’an dengan cepat. Bisa jadi kita tak perlu mengajarkan tahsin lagi, sebab mereka hafal makhraj beserta tajwidnya (cara pengucapan dan panjang pendeknya).

Di setiap roka’at sholat, usahakan agar 1 ayat Al Qur’an dihafal sehingga akhirnya hafal Al Qur’an secara keseluruhan.

Menurut Dr Kamil, mereka menyediakan 3 jenis hadiah untuk anak-anak mereka jika bisa menghafal Al Qur’an. Hadiah tsb adalah dari yang biasa saja, agak menarik, dan sangat menarik hati anak-anak tsb. Hadiah tsb ditaruh di tempat yang tinggi, namun terlihat oleh anak-anak tsb sehingga mereka terpacu untuk mendapatkannya. Untuk anak-anak, target memang harus jelas dan terlihat. Alhamdulillah dengan cara itu, anak-anaknya semua hafal Al Qur’an sebelum berusia 5 tahun sehingga dinobatkan sebagai Hafiz Al Qur’an tercilik di dunia versi Lembaga Tahfidz Al Quran Internasional di Jeddah, pimpinan Syaikh Dr Abdullah Bashfar, seorang qari’ ternama.

Subhanallah…

sumber : daarut-tauhiid

Categories: Pendidikan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: