Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah di Gunungkidul Perlu ditingkatkan Aqidahnya

 

Sekolah sekolah Muhammadiyah di Gunungkidul sangat banyak jumlahnya baik dari TK sampai SLTA.Jumlah yang banyak di satu sisi merupakan aset persyarikatan dan aset dakwah yang luar biasa tetapi sisi yang lain bila SDM pengelolanya tidak di tingkatkan terus kualitasnya maka akan menjadi dilema yang sangat besar.

Bila SDM sesuai kualitas baik keilmuan maupun agama dan aqidahnya maka Insya Alah akan menjadi modal yang sangat besar untuk menghantarkan anak didiknya menjadi anak-anak yang sholeh dan sholihah.Tetapi sebaliknya bila SDM guru dan pengelola Sekolah Muhammadiyah tidak memenuhi stadart maka anak didik yang sudah merupakan sisa sisa dari sekolah Negeri hanya akan mengantarkan siswa siswa lulusan Muhammadiyah yang lemah baik intelektual maupun aqidah dan spiritual.

Banyak kasus dan kejadian yang bisa dipakai untuk melihat tolok ukur aqidah guru-guru di sekolah Muhammadiyah,Salah satunya sewaktu ada acara rapat atau pertemuah guru sekolah Muhammadiyah dan kemudian selesai setelah leawt dari masuknya waktu sholat ,banyak peserta dari guru Muhammadiyah tersebut yang tidak memprioritaskan sholat malah langsung pulang.

Kejadian ini pernah penulis alami beberapa kali sewaktu adapertemuan guru guru sekolah Muhammadiyah dimana selesainya sehabis Sholat Dzuhur atau ‘Asar dan tidak ada acara istirahat untuk sholat tetapi setelah acara ditutup hampir semua peserta angsung pulang dan tidak mampir di masjid untuk sholat dahulu,padahal masjidnya hanya berdekatan dengan tempat kegiatan tersebut.

Lemahnya aqidah guru-gutu sekolah Muhammadiyah di Gunungkidul sebaiknya menjadi tantangan Majlis Dikdasnen PDM Gunungkidul untuk meningkatkan aqidah para pengelolanya agar minimal sesuai dengan kualitas minimal pengelola dan guru di sekolah Muhammadiyah .Bila tidak maka tinggal menunggu waktu sekola-sekolah Muhammadiyah di Gunungkidul untuk ditinggalkan masyarakat karena tidak mampu mendidik anak-anaknya menjadi anak-anak yang sholeh dan Sholihah.

Hikmah:

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.( Q.S 7. Al-A’raaf ayat 96)

Categories: Pendidikan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: